YUK OLAH BATANG PISANG JADI PUPUK KOMPOS


Pohon pisang  tidak hanya buahnya saja yang dapat dikonsumsi, namun bagian batangnya pun dapat di manfaatkan. 

Batang pisang ternyata dapat diolah menjadi kompos. Bila ingin menghasilkan kompos dengan baik, batang pisang ini harus diolah dulu lebih kecil agar proses pengomposan lebih cepat berjalan.

 

Membuat kompos bisa dilakukan di sebuah lubang di tanah atau tong yang agak besar sebagai tempat untuk proses pengomposan. Atau bisa juga dengan memanfaatkan struktur lahan yang ada di sekitar kebun pisang. Kemudian menggunakan penutup terpal plastik untuk melakukan proses pengomposan.

 

Batang pisang memiliki struktur seperti pelepah yang mudah diambil satu demi satu dengan menggunakan pisau, lalu lapisan dipotong lebih kecil untuk memudahkan pencampuran dengan bahan kompos lainnya. Kemudian campurkan batang pisang dengan pupuk kandang atau limbah pertanian lainnya.

 

Proses percampurannya harus homogen, sehingga akan menghasilkan proses pengomposan yang sempurna. Tentunya ini bisa melihat ketersediaan bahan kompos di kebun pisang. Semua limbah pertanian bisa dimanfaatkan menjadi bahan kompos.

 

Proses pengomposan dapat dilakukan kurang lebih dalam waktu 1 bulan, setelah 1 bulan dalam proses pengomposan akan terlihat perubahan warna dan kontur dari percampuran batang pisang tadi. Maka sebaiknya harus dilakukan proses pencampuran, agar proses pengomposan menjadi lebih cepat.